Tema acara outing di Desa Penglipuran Bali merupakan tema baru untuk dapat diselenggarakan oleh dinas, kantor, perusahaan, dan bahkan pelajar. Dari sekian banyak tema outing yang dapat dilipih di Bali, tetapi penyelenggaraan untuk pilihan lokasi di Desa Penglipuran Bali akan memiliki nuansa berbeda. Tentu dengan adat istiadat dan budaya penduduk lokal yang masih kental, apalagi bangunan rumahnya yang masih mengunakan disain kuno, maka ini merupakan sesuatu yang baru yang bisa ditemukan ketika outing di Bali. Sejarah di desa ini dengan kepahlawanan dari seorang pejuang, Tugu Pahlawanpun berdiri kokoh di bagian selatan ujung desa. Untuk nuansa alamnya, Desa Pengilpuran juga memiliki objek wisata hutan bambu. Serta dipadu dengan berbagai kemasan wisata adventure serta team building atau amazing race, dan lokasi yang strategis mudah dijangkau untuk tiba di tempat ini sangat mudah. Dengan berbagai jenis kendaraan, seperti mobil pariwisata berkapaitas keluarga, hingga berkapasitas banyak seperti Bus 30 sampai dengan 40 seat, maka bagi yang ingin menyelenggarakan atau memilih tema outing di Bali, Desa Penglipuran merupakan pilihan tema yang tidak salah lagi.

Bagaimana Sebuah Tema Acara Outing di Bali Menjadi Menarik?

Tema yang menarik untuk sebuah acara outing di Bali tentu dari kemasan yang akan diselelenggarakan. Dengan perkiraan sudah seringnya peserta ke Bali saat ini, tentu objek wisata yang telah terkenal telah menjadi jadwal kunjungan ketika mereka menikmati wisata individual, bersama pasangannya atau ketika liburan keluarga. Namun untuk wisata tertentu seperti wisata budaya dan wisata adventure mungkin masih jarang yang dipilihnya. Maka berdasarkan dari hal tersebut, Tema outing untuk kemesan di Desa Penglipuran adalah tema yang dapat dijadikan sebuah pertimbangan untuk penyelenggaraanya. Dan terdapatnya akomodasi berupa guest house dan homestay juga alternative bermalam yang unik, bagi outing yang dikategorikan menginap.

Tema Outing Bernuansa Budaya

Di desa yang sejuk dan damai ini, sebagain dari rumah penduduknya masih menggunakan desain bangunan yang tergolong Bali Kuno atau Bali pada jaman dahulu. Keseragaman pintu gerbang yang disebut Angkul Angkul pada masing-masing rumah yang terbuat dari tanah dan beratap bambu, dapur yang menggunakan tanah liat dan kayu bakar sebagai Tema Outing Bernuansa Budayasarana meyalakan bara apainya. Keunikan lainya adalah tembok dan tempat tidur yang terbuat dari bahan bambu juga, merupakan sebah perjalanan atau kunjungan untuk kemasan sebuah acara outing dengan tema yang bernuansa budaya. Hal ini tentu sangat berguna bagi peserta outing, sebab dalam jaman yang telah canggih dan moderen, banyak hal yang telah ditinggalkan, adat dan budaya nusantara yang menjadi kekayaan dari leluhur dan nenek moyang. Padahal hal ini sangat penting, terlalu disayangkan jika seandainya hilang dan tidak bisa lagi diceritakan atau dirasakan dan dilihat serta dinikmati oleh anak dan cucu kita nantinya.

Ingin lebih menelusuri bayak lagi, nuansa budaya lain disekitarnya dengan jarak tempuh waktu tidak lebih dari 1 jam, terdapat Desa Truyan (Bali Age di Kintamani), Pura Batur, Pura Besakih, Pura Kehen, Kertagosa, Desa Tenganan (Bali Age di Karangasem) dan lain-lain.

Outing Dengan Tema Wisata Adventure

Menikmati suasana alam dengan sebuah aktivitas atau wisata adventure akan lebih terasa kebersamaan ketika outing bersama teman atau rekan kantor. Dan memupuk sebuah kebersamaan untuk dapat hikmah dari acara dapat dikemas dengan acara camping, cycling, trekking, rafting, ATV, dan sebagainya. Beberapa jenis wisata adenture tersebut tersedia dengan sebuah rancangan yang praktis, dan dapat diikuti oleh seluruh peserta.

  • Camping: program ini sudah tidak asing bagi peserta, sebab camping adalah meninap dengan sbuah bangunan yang dirancang tidak permanen yang disebut dengan tenda. Tidak perlu membawa tenda, telah disediakan sesuai jumlah kebutuhan peserta. Untuk kenyamanan, matras tipis serta sleeping bag juga bagian dari fasilitasnya. Namun untuk perlengkapan mandi, diminta untuk membawa oleh masing-masing peserta, sebab kebutuhan ini merupakan bersifat privasi. Malam hari untuk lebih mengakrabkan dan menghangatkan suasana, tentu api unggun akan dipersiapkan oleh pemandu camping. Begitu pula selama tidur di tenda, pemandu juga akan mengawasi dan memperhatikan peserta outing.
  • Cycling: ini adalah program yang sangat baik untuk melepas kejenuhan rutinitas di kantor dan sambil berolahraga. Outing Dengan Tema Wisata AdventureJangan kawatir untuk jalur yang akan ditempuh peserta outing, disediakan jalur dengan estimasi 90 % jalur mendatar dan menurun. Sehingga yakin seluruh peserta akan berangkat dari start point kemudian tiba di finish point. Sama halnya dengan camping, peralatan untuk program cycling yaitu sepeda juga telah disediakan. Pemandu yang telah profesional akan menemani sepanjang perjalanan. Namun sebelum keberangkatan untuk cycling atau bersepeda santai ini akan diberikan bebrapa panduan seperti pengunaan rem yang benar, cara memindahkan perseneling, kode atau isyrat tertentu sebagai perintah pemandu untuk menjaga keselamatan dalam perjalanan.
  • Trekking: bagi yang ingin memilih tema outing dengan pilihan ini, maka akan berangkat diantar menuju Desa Toya Bungkah yaitu desa yang terdapat di Kaki Gunung Batur. Sekitar kurang lebih berjarak tempuh 30 menit dari Desa Penglipuran. Pendakian yang paling ramai oleh wisatawan untuk Gunung Batur adalah pagi hari sekitar 03.30. Diperkirakan sekitar 2 jam pendakian, maka akan tiba di puncak gunung. Kemudian menikmati matahari terbit dan menikmati sarapan pagi. Dilanjutkan untuk kembali turun gunung untuk menikmati air panas alami di Desa Toya Bungkah.
  • Rafting: menikmati wisata ini berarti akan berbasah ria, perlu dipersiapakn pakaian ganti, pilihan rafting untuk acara outing di Bali ada 2 sungai yang paling favorit, yaitu Sungai Ayung dan Sungai Telaga Waja. Sungai Ayung terletak di Barat Desa Penglipuran, dan Sungai Telaga Waja berada di sebelah timurnya.
  • ATV Ride: wisata adventure dengan mengunakan motor yang khusus dirancang untuk melewati lintasan jalur berlumpur atau sering disebut offroad. Ini sangat menyenangkan, dan akan diantar menuju Desa Taro. Jalur yang dirancang untuk ATV di Desa Taro akan melalui pemukiman pemduduk yang tidak sembarang kendaraan bisa melewatinya, dan jalur yang paling seru untuk trip ini adalah terdapat pada sungai kecil yang harus dilintasi peserta.

Team Building Sebagai Tema Outing Kebersamaan

Team Building Sebagai Tema Outing KebersamaanJika ingin dengan tema kebersamaan yang harus dijadikan sebuah tema, maka team building adalah salah satu program yang tepat. Kegiatan ini bisa dirancang setengah hari saja dan sisa waktu tergantung dari rancangan lainya. Beberapa permainan yang beranalogi tentang kebersamaan, dan dikombinasi tentang penyadaraan tentang kepemimpinan, dan pentinya kreativitas akan diselenggarakan dari pagi hingga siang hari, atau dibalik jadwalnya dari siang hingga sore hari. Camping Ground yang teduh tidak menjadi masalah untuk kedua rancangan jadwal tersebut. Atau bagi yang ingin sebuah tantangan, kemasan Team Building di Bali juga dapat dirancang pada program Amazing Race, dimana penggunaan kendaraan seperti sepeda, VW Safari, Land Rover, dan kendaraan klasik peserti Honda C70, Piagio Vespa serta sepeda ontel adalah pilihannya. Untuk tema seperti ini biasanya memang sebuah perusahaan sengaja menjadikan sebuah acara santai tetapi serius. Santainya adalah berwisata dan penyelenggaraan sebuah metode pelatihan yang dikemas di alam terbuka, dan mengunakan metode analogi game, sehingga dalam penerimaan materinya tidak tegang. Dan seriusnya adalah tentu tidak sembarangan game yang tidak mempunyai alur dan hanya sorak-sorak dan ketawa-ketawa tidak mempunyai value.

Durasi Untuk Program Outing

Tergantung dari keputuan management, sebab beberapa hal yang mempengaruhi seperti operational peruahaan, apalagi perusahaan yang bergerak di bidang hospitality, dimana buka jam kerjanya adalah 2 jam, maka akan kebanyakan hanya memilih Program Outing yang berdurasi Full Day atau satu hari. Namun bagi perusahaan yang mempunyai jam operasional di mana sabtu dan minggu adalah waktu tutup atau tidak beroperasi. Tentu dapa mennyelenggarakannya 2 Hari 1 Malam atau bahkan 3 Hari 2 Malam. Untuk di Bali memang kenyataasnya lebih banyak perusahaan yang bergerak bisnisnya di Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Riau, dan kota besar lainya di Indonesia memilih durasi lebih panjang. Dengan perihutangan agar lebih puas.

Untuk pemaparan tentang Tema Acara Outing di Bali dengan lokasi atau tempat di Desa Penglipuran, hanya sebuah gambaran, dan yakin untuk perancang perencanaan acara serta panitia penyelenggara akan lebih mengetahui kondisi dan karakter peserta. Dalam hal ini adalah faktor penting untuk dapat dijadikan dasar sebuah tema.

 

Message: