Tema acara gathering di Bali dapat dikemas di Desa Penglipuran dengan berbagai pilihan, sehingga peserta menjadi berkesan dengan nuansa yang paling berbeda. Mengapa dikatakan berbeda, sebab selama ini mungkin belum pernah merasakan suasana gathering di Bali pada sebuah desa, diamana di desa ini sangat kental dengan adat dan budayanya yang masih dilestarikan. Selain itu kegiatan yang menarik untuk menjalin kedekatan antara peserta satu dengan peserta lainya dirancang dalam sebuah paket tour dan wisata adventure. Dengan fasilitas bermalam yaitu guest house, homestay dan menginap dengan tenda atau camping menjadikan suasana bermalam bagi peserta yang selalu berdekatan dan berkomunikasi antara peserta. Sebuah contoh terbangunnya suasana keakraban, pada acara api unggun dengan disajikan pada sebuah tempat dimana disebut camping ground. Contoh lainya pada wisata adventure, seperti trekking, cycling atau mungkin kegiatan lainya. Rancangan dalam sebuah tema acara gathering yang dikemas oleh panitia atau event organizer tentu berdasarkan keinginan dari perusahaan yang akan menyelenggarakannya.

Penjelasan Jenis Acara Gathering

Jenis-jenis gathering diantaranya adalah corporate gathering, family gathering atau mungkin juga kemasan gathering lainya. Terdapat beberapa jenis gathering yang bisanya diselenggarakan di Bali dan dapat dikemas di Desa Penglipuran.

Corporate Gathering

Tema Acara Gathering di Desa Penglipuran Bali - Team BuildingBerbicara tentang corporate gathering, maka pesertanya tentu adalah staff, karyawan serta pimpinan dalam sebuah perusahaan, dan dalam acara gathering seperti ini, family atau keluarga sepertinya tidak akan diikutkan. Mempunyai banyak tujuan untuk acara corporate gathering, untuk meningkatkan suasana yang lebih dekat antara staff dan karyawan serta pimpinan, berkumpulnya seluruh cabang atau kantor yang tersebar di seluruh daerah untuk mendiskusikan sesuatu, namun dikemas dengan suasana yang lebih santai. Dan beberapa hal mengenai apakah itu laporan, kegiatan serta penyampaian terhadap sesuatu yang berhubungan dengan produk baru, pencapaian misi dan misi, serta banyak hal lainya.

Peserta Corporate gathering juga bisa bukan dalam sebuah yang dikategorikan dari satu perusahaan, misalnya sebuah perusahaan akan mengadakan gathering dimana undanganya atau peserta yang akan dihadirkan adalah pengusaha yang berperan dalam pendistribusian produknya. Biasanya undangan adalah pengusaha yang bersangkutan atau perwakilanya. Hal ini bertujuan sebagai ucapan terimakasih setalah sekian lama produk atau jasa dari perusahaan yang memproduksi barang dimaksud telah didistribusikan pengusaha tersebut dengan trend yang sangat bagus.

Family Gathering

Untuk rancangan sebuah event family gathering biasanya akan menghadirkan keluarga dari pegawai dan pimpinan di dalam sebuah perusahaan. Dimana dalam acara ini sengaja diundang keluarganya yaitu istri, suami, dan anak-anaknya. Tujuan dari acara family gathering ini juga tidak jauh berbeda dengan corporate gathering, sebagai rasa syukur terhadap target yang telah dicapai selama kurun waktu tertentu, dan diambilnya moment untuk mengakrabkan tidak sekedar antara pegawai, namun juga untuk seluruh anggota keluarga, sehingga akan terbantuk perasaan yang istimewa dalam keluarga besar persusahaan tersebut.

Rancangan acara dari family gathaering tentu sedikit akan berbeda, dimana disebabkan dalam penyelenggaraanya akan terdapat peserta dewasa dan anak-anak. Dalam kondisi peserta seperti ini, tentu Desa Penglipuran juga sebagai salah satu pilihan lokasi gathering yang sangat sesuai. Program trekking misalnya, mengeliling hutan bambu dan rancangan jalur menuju rumah penduduk yang kaunikanya masih dijaga saat ini yaitu Rumah Adat Desa Penglipuran, merupakan objek yang dapat dijadikan sebuah pengalaman yang sangat berharga, dimana nilai budaya yang masih dilestarikan dan dijaga adalah hal positif ketika menjalani kehidupan yang moderan saat ini. Memang sebuah nilai sebuah adat dan budaya tidak dapat dijadikan atau dijual dengan nilai nominal tertentu, begitu juga tidak dapat akan dibeli dengan jumlah nilai tertentu. Namun budaya adalah nilai yang sangat berharga ketika menunjukan sebuah sejarah dalam kehidupan. Hal ini adalah sesuatu yang sangat bagus dan berguna untuk dijadikan dalam sebuah tema family gathering. Dimana cakupannya adalah peserta gathering dengan kategori anak-anak dan dewasa masih dapat menikmatinya.

Durasi Acara Gathering

Untuk lamanya atau durasi yang akan dikemas pada sebuah tema gathering di Desa Penglipuran Bali, tergantung dari waktu yang akan disesuaikan, sebab waktu yang penting sebuah perusahaan untuk operasionalnya mempunyai perbedaan antara perusahaan satu dengan perusahaan lainya. Khususnya untuk durasi di lokasi Penglipuran, mulai dari setengah hari (half day), satu hari (full day) dan juga bisa diperpanjang dengan durasi 2 hari 1 malam serta bahkan 3 hari 2 malam.

Half Day Gathering

Pilihan terhadap half day gathering mungkin rancangan hanya berkunjung sebagai salah satu kunjungan wisata jalan-jalan dimana biasanya akan dilanjutkan ke Kintamani untuk menikmati pemandangan Gunung dan Danu Batur. Atau bahkan sebaliknya, setelah berkunjung ke beberapa objek dan menyaksikan atraksi menarik, pada kunjungan terakhir adalah ke Penglipuran. Walaupun berkunjung hanya beberapa jam saja, dalam hal ini dikategorikan hal day tour.

Jika ada sebuah target yang dicapai, dikemas dalam Program Fun Team Building, pilihan ini juga sangat menarik. Dimana peserta akan langsung menuju Desa Penglipuran, kemudian mengikuti Fun Team Building dari pagi sekitar pukul 09.00 dan berakhir pada siang hari sekitar pukul 12.00. Jika rancangan ini dengan sebutan setengah hari maka akan lebih tepat. sebab kenyataannya dimulai pagi dan berakhir siang hari. Rancangan dari Program Team Building juga dengan berbagai variasi diantaranya adalah:

Dari beberapa variasi atau pilihan untuk tema, tergantung kembali yang menentukan adalah waktu yang akan diputuskan dengan sentuhan nuansa Pengelipuran selama berapa lamanya.

Full Day Gathering

Tema Acara Gathering di Desa Penglipuran Bali - VW Safari Amazing RaceApabila telah ditentukan durasi selama di Bali akan berkesempatan menikmati satu hari untuk kemasan acara gathering di Penglipuran, maka tentu kegiatan yang berdurasi lebih lama yaitu berangkat pagi dan tiba sore di hotel akan dikemas dengan beberapa kegiatan menarik. Dengan menggunakan tema amazing race, kendaraan klasik VW Safari atau kendaraan berjiwa adventure yaitu Land Rover siap untuk diterjunkan memaksimalkan acara. Pilihan untuk wisata yang sifatnya olah raga, bersepeda juga merupakan pilihan untuk durasi yang dikemas satu hari ini.

Untuk beberapa pilihan gathering dengan durasi full day berdurasi lebih lama dibandingkan half day, tentu energi atau tenaga yang akan dikeluarkan nantinya ketika program akan dibutuhkan lebih banyak, sehingga sebaiknya peserta disarankan untuk kualitas istirahat sehari sebelumnya agar dijaga.

2 Days 1 Night Gathering

Untuk pilihan 2 days 1 Night ini adalah menginap 2 Hari 1 Malam. Bisanya pada paket wisata ke Bali yang berdurasi 3 hari 2 malam lebh sering diselenggarakan, dan pada pakat gathering yang berdurasi 2 hari 1 malam adalah sebuah tawaran pada hari pertama dan kedua akan berlokasi di Desa Pengilpuran selanjutnya dipilihlah lokasi yang menjadi pusat pariwisata seperti Kuta, Sanur, Nusa Dua, dan lain-lain. Acara dapat dirancang dengan bermalam dengan paket camping, atau bermlam di Homestay dan Guest House Penglipuran. Keuinikan ketika menginap sesuai pilihan tersebut adalah merasakan suasana desa dan langsung dapat melihat secara dekat salah satu bagian dari Adat dan Budaya Bali penduduk setempat.

Kombinasi nuansa gathering dengan tema budaya dan adventure adalah pilihan diatas, ini menjadikan peserta lebih menarik, sebab pada hari pertama nuansa budaya dan hari kedua nuansa adventure.

Cara Memilih Tema Gathering Yang Tepat

Untuk memilih dari beberapa paket gathering yang terdapat di Desa Penglipuran saja sudah pasti akan banyak pertimbangan untuk menentukan yang mana akan dipilih, apalagi disebabkan Bali juga mempunyai tempat serta aktivitas lain, maka perlu pertimbangan agar gathering nantinya menjadi tepat.

Tergantung peserta yang akan ikut dari acara gathering, sesuai dari perbedaan yang dijelaskan diatas, perancang acara biasanya akan dibentuk yang selanjutnya disebut panitia. Dalam perencanaan ini panitia berperan mengumpulkan data dari sekian banyak pilihan. Agar tidak bingung menentukan pilihan, sebaikanya mengidentifikasi peserta adalah langkah awal yang baik, dimana data akan terkumpul dimana nantinya dapat memperkirakan usia, jenis kelamin, selera, dan jumlah total peserta.

Usia

Berpengaruh terhadap dekat atau jauhnya lokasi ang menjadi pusat acara, tentu jika usia peserta yang muda lebih banyak, mungkin perjalanan lebih jauh akan tidak masalah, namun jika usia peserta yang lebih lanjut misalnya umur diatas 45 tahun, maka jarak adalah sebuah keluhan bagi mereka. Penglipuran untuk jarak bukan menjadi persoalan, hanya sekitar 1,5 jam dari Kuta, Nusa Dua, Jimbaran dan 1 jam dari Sanur atau Ubud.

Jenis Kelamin

Kegemaran laki-laki dan perempuan tentu akan menjadi faktor penentu, sebab jika perempuan mungkin akan lebih suka yang tidak panas-panasan, lembut-lembut saja dan terutama ke wisata belanja. Untuk hal tersebut maka perlu dipikirkan lokasi yang teduh, dan wisata belanja yang sejalur ketika kembali ke hotel tempat menginap.

Selera

Dari usia dan jenis kelamin, sudah dapat digambarkan bahwa akan berpengaruh untuk kepuasan dalam kemasan acara, dimana bagaimana caranya agar perpaduan selera seluruh peserta secara umum dapat dipenuhi. Kombinasi adalah jawaban untuk hal ini.

Jumlah Total Peserta

Dari data yang telah terkumpul tentu jumlah total peserta akan diketahui oleh panitia. Ini sangat menentukan apaka pilihan lokasi mampu menampung peserta, dan dalam penawaran yang diminta juga mempengaruhinya. Logika umum adalah peserta lebih banyak tentu harga akan lebih bagus dari pada peserta lebih sedikit. Atau jika bisa disampaikanya jumlah mendekati kepastian, maka bagian reservasi atas kordinasi  dengan bagian sales juga akan dapat memperhitungkan harga bottom yang akan diajukan kepada panitia. Dibandingkan jika tidak ada penyampaian dalam peromohonan harga group, maka akan diajukan harga individual. Harga untuk kategori group umumnya akan jauh lebih murah dibanding harga untuk wisatawan individual.

Walaupun nantinya terkadang sebuah perusahaan akan mempergunakan jasa dari Event Organizer atau Biro Perjalanan Wisata, beberapa hal dasar yang dijelaskan diatas adalah hal pokok untuk memilih Tema Gathering di Bali yang tepat. Bagaimana dan siapapun Event Organizer atau Biro Perjalanan yang akan mengerjakan pelaksanaan acara, panitia harus tetap memberikan data tersebut untuk kesuksesan acara.

 

Message: