Bagi wisatawan yang ingin mengetahui lokasi Desa Penglipuran Bangli, Bali, sebetulnya cukup mudah dengan berbagai macam cara bisa didapatkan informasinya. Untuk saat ini tentu GPS adalah alat mencari informasi untuk lokasi suatu daerah, tempat wisata, hotel, restoran, bar, homestay, guest house dan sebagainya. Begitu sering mendengar kata “GPS”, namun apakah arti atau singkatan sebenarnya, mungkin sebagain orang saja yang meperhatikannya. Jadi yang dimaksud atau singkatan dari GPS adalah Global Positioning System,  itu adalah Bahasa Inggris, jika di translate ke Bahasa Indonesia akan menjadi Sistem Pemosisi Global. Sistem ini dipergunakan untuk menentukan atau menunjukan letak permukaan Bumi dengan penyelarsan yang dibantu oleh sebuah alat yang disebut dengan satelit. GPS yang sering kita pegang ketika nantinya untuk mencari lokasi Desa Penglipuran Bali, ternyata untuk dapat dipergunakan sesuai fungsinya, alat ini dirimkan gelombang mikro oleh 24 satelit untuk menentukan tidak hanya sekedar lokasi, atau letak suatu tempat, tetapi juga dapat menentukan arah dan bahkan kecepatan dari si pengguna GPS. Kemudian berkambanglah menjadi GPS Tracker atau Trecking dengan memanfaatkan kombinasi teknologi GSM yang dibentuk menjadi peta digital. Pada jaman dahulu sebelum Telepon Seluler secanggih saat ini, alat ini mengkhusus diproduksinya. Nah, dengan alat ini adalah salah satu yang dapat digunakan untuk mencari lokasi Desa Penglipuran.

Bagaimana cara untuk menemukan Desa Penglipuran Bali ketika tidak punya GPS, atau aplikasi GPS di handphone terjadi masalah, tentu bisa hubungi kami, dan kami akan pandu untuk menemukan lokasi yang penuh dengan nuansa desa serta keuinkan tradisinya. Ada masalah lain lagi, seandainya hanphone mati, disebabkan baterai habis, sedangkan charger untuk pemakaian di mobil ketinggalan pula, ini dia yang harus dibaca, dan bayangkan seandainya suatu ketika terjadi beberapa masalah-masalah tersebut.

Lokasi Desa Penglipuran Bangli, Bali 02Sebetulnya mencari dimana lokasi Desa Penglipuran tidak begitu sulit, tergantung dari arah mana wisatawan datangnya. Bagi wisatawan asli Bali, ini sudah tidak menjadi kendala, bisa bertanya teman atau keluarga yang sudah pernah kesini, namun bagi wisatawan bukan asli Bali yang terkadang ketika berlibur di Bali bersama keluarga, pasangan atau rekan kerja dan kemudian membawa kendaraan sendiri, atau mungkin juga sewa mobil setir sendiri. Begini penjelasan untuk arahnya. Kabupaten Bangli adalah lokasi Desa Penglipuran, dari kabupaten yang letaknya di tengah-tengah Pulau Bali ini, tentu daru seluruh arah mata angin tatap saja berposisi tengah-tengah.

Lokasi Desa Penglipuran Dari Arah Nusa Dua

Titik arah keberangkatannya sedikit jauh dari lokasi. Dengan melalui Jalan Tol Bali Mandara, menuju ke arah Sanur, jangan lupa dipersiapkan uang kecil, untuk pembayaran Rp 11.000 untuk kendaraan roda empat yang tergolong kendaraan kecil. Dilanjutkan belok kanan ke arah By Pass Ida Bagus Mantra. Tiba di Pantai Lebih, belok kiri menuju Kota Gianyar. Namun pada pertigaan sebelah Timur Lapangan Upacara belok kanan, bila belok kiri akan kembali ke arah Denpasar. Manju terus, dan dipertigaan Tulikup, wisatawan belok kiri, ikuti jalan utama sampai tiba di Desa Kubu. Nah disni berartti wisatawan sudah dekat untuk tiba. Arah dari Nusa Dua ini berti juga sama dengan arah dari Sanur, atau Jimbaran, Sedangkan dari arah Kuta hany sedikit perubahan, inti pokoknya mencari jalan By Pass Ida Bagus Mantra,

Berangkat Lokasi Desa Penglipuran Dari Hotel Sekitar Ubud

Lokasi Desa Penglipuran Bangli, Bali 03Untuk arah keberangkatan dari hotel disekitar Ubud, ini berbeda dengan arah Nusa Dua, Sanur, Kuta Jimbaran dan Seminyak. Ubud terletak di bagian barat, lebih cepat menuju Kota Gianyar atau dengan jalan yang penu suasana desa bisa melewati Tegalalang, Sebatu, Tampak Siring, Kayuambua dan dilanjutkan arah ke Desa Penglipuran. Sehingga bagi yang memeilih alternatif arah ini, dapat mengnjungi beberapa obejek wisata Ceking Rice Terrace, Tirta Empul, Agrowisata Kopi Luwak, dan sebagainya. Namun jika wisatawan mencar jalan yang lebih cepat, mungkin menuju arah Kota Gianyar dan Bangli adalah pilihan yang lebih tepat. Alasan ini mungkin akan mengunjungi objek wisata ke arah timur seperti Besakih, Kerta Gosa atau Pura Goa Lawah. Jadi jika lewat Tegalallang adalah arah Utara ke Timur, dan melalui arahKota Gianyar adalah arah Timur menuju Utara. Dua jalur yang sebetulnya dapat disambung membentuk lingkaran. Jadi bisa memilih arah Tegalalang untuk keberangkatan, dan pulangnya menuju Kota Bangli dilanjutkan ke Kota Gianyar dan kembali ke Ubud.

Lokasi Penglipuran Berada Dekat Kintamani, Sekitar 15 Menit

Dari berbagai kombinasi kunjungan ke objek wisata lainya, kemudian ingin menuju Kintamani yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang begitu menakjubkan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja. Karena Desa Penglipuran dan Kintamani adalah satu wilayah yang termasuk Kabupaten Bangli. Menuju arah Utara akan melewati Desa Kayubihi, Desa Pengotan, dan tiba di Penelokan Kintamani, dimana bisa memilih salah satu rumah makan atau restoran yang menyediakan menu makan siang dengan pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur. Tidak hanya sampai pada program makan siang, Desa Toya Bungkah yang terletak di tepi danau Batur juga merupakan salah satu tujuan wisata di Bali untuk wilayah Kintamani dengan menikmati wisata mandi air panas alami. Tidak sesuai keinginan atau mungkin kurang minat mandi air panas alami, alternatif lainya dapat mengnjungi Desa Trunyan dimana sebuah desa di Bali satu-satunya yang tidak mengenal dengan system penguburan jenasah ketika masyrakatnya meninggal. Hanya diletakkan diatas tanah, di bawah pohon besar. Nah ini lah menjadi objek wisata tersebut. Dengan mengunakan perahu tradisional di Desa Kedisan, wisatawan akan mendapatkan objek wisata yang paling beda di Bali.

Objek Wisata Lainya di Sekitar Lokasi Penglipuran

Lokasi Desa Penglipuran Bangli, Bali 01Untuk objek lainya selain rumah tradisional, tentu hutan bambu merupakan objek wisata di lokasi Penglipuran. Selain lingkungan Desa Penglipuran yang sangat dijaga kebersihanya, Hutan Bambu Penglipuran yang rindang ini juga sangat dijaga sekali kebersihanya. Sehingga tidak salah bahawa desa ini mendapat anugrah sebagai Desa Terbersih di Dunia. Sekalian ingin berexplorisasi objek lainya di sekitar Penglipuran, sebetulnya wisatawan dapat mengunjungi Pura Kehen, Air Terjun Kuning, Sumber Air Suci Sudamala, dan lain-lain.

Lokasi Penglipuran Tergolong Sejuk

Penglipuran yang terletak di tengah-tengah Pulau Bali, berposisi antara dataran tinggi Kintamani dan dataran rendah Pantai Lebih, maka suhu udara tergolong sejuk. Pohon tumbuh rindang dan hijau, dalam suasana yang enak untuk berwisata ini, masyarakat mempunyai minuman tradisional yang sangat menarik untuk wisata kuliner. Namanya adalah Loloh Cemcem. Cerita singkatnya kenapa menjadi minuman yang sangat menarik untuk dicoba, sebab minuman ini dulunya sebagai minuman para petani yang menyehatkan. Terbuat dari Air Kelapa Muda yang dicampur atau diperas dengan daun hijau yang berasal dari Pohon Cemcem, kemudian dicampur dengan bahan penikmat alami lainya.

 

Message: